Musik Gue

Senin, 03 Januari 2011

Pentingnya Sholat Wajib/Fardhu

Hukum sholat fardhu lima kali sehari adalah wajib bagi semua orang yang telah dewasa atau akil baligh serta normal tidak gila. Tujuan shalat adalah untuk mencegah perbuatan keji dan munkar.
Alloh berfirman :
" Dan dirikan sholat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang ) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan - perbuatan yang baik itu menghapus ( dosa ) perbuatan-perbuatan yang buruk. itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat". ( surah Huud : 114
Dari Umar R.a Rasulullah bersabda :
"Sholat itu tiang agama " dan dalam lanjutan hadist tersebut disebutkan bahwa " barangsiapa yang mendirikan sholat berarti ia menegakkan agama dan barangsiapa yang meninggalkan sholat berarti ia meruntuhkan agama"

Tak ada pengecualian meninggalkan sholat wajib dalam keadaan apapun wajib dilaksanakan. Meninggalkan sholat merupakan perbuatan yang keji dan dosa besar seperti yang dikatakan para ulama dibawah ini :
Ibnu Qayyim Al Jauziyah –rahimahullah- berpendapat, “Kaum muslimin bersepakat bahwa meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja adalah dosa besar yang paling besar dan dosanya lebih besar dari dosa membunuh, merampas harta orang lain, berzina, mencuri, dan minum minuman keras. Orang yang meninggalkannya akan mendapat hukuman dan kemurkaan Allah serta mendapatkan kehinaan di dunia dan akhirat.” (Ash Sholah, hal. 7)

Dinukil oleh Adz Dzahabi dalam Al Kaba’ir, Ibnu Hazm –rahimahullah- berkata, “Tidak ada dosa setelah kejelekan yang paling besar daripada dosa meninggalkan shalat hingga keluar waktunya dan membunuh seorang mukmin tanpa alasan yang bisa dibenarkan.” (Al Kaba’ir, hal. 25)

Adz Dzahabi –rahimahullah- juga mengatakan, “Orang yang mengakhirkan shalat hingga keluar waktunya termasuk pelaku dosa besar. Dan yang meninggalkan shalat secara keseluruhan -yaitu satu shalat saja- dianggap seperti orang yang berzina dan mencuri. Karena meninggalkan shalat atau luput darinya termasuk dosa besar. Oleh karena itu, orang yang meninggalkannya sampai berkali-kali termasuk pelaku dosa besar sampai dia bertaubat. Sesungguhnya orang yang meninggalkan shalat termasuk orang yang merugi, celaka dan termasuk orang mujrim (yang berbuat dosa).” (Al Kaba’ir, hal. 26-27)


Kalo kita telaah bacaan diatas sungguh kita adalah orang yang merugi jika kita meninggalkan sholat padahal sholat itu memberikan manfaat lebih bagi kita. Dalam kesempatan ini saya mengajak saudara-saudara muslim untuk berusaha selalu mengerjakan sholat dalam keadaan apapun. Karena ini adalah perintah dari Alloh SWT Sang Maha Pencipta dan Maha Perkasa.
Dan sebagai seorang muslim yang baik tentunya harus berusaha sedapat mungkin agar sholatnya tetap terjaga dan mungkin meningkat kualitas sholatnya.
Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi anda semua ... Amiiin ..

Tidak ada komentar: