Musik Gue

Selasa, 04 Januari 2011

Sekilas tentang Pernikahan

Apa itu pernikahan ?
Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau dilaksanakan oleh dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara hukum agama, hukum negara, dan hukum adat. Dengan pernikahan kita dapat menyatukan perbedaan menjadi satu yaitu rumah tangga.
Namun perlu dijelaskan apa sebenarnya visi dari pernikahan itu. Buat dan untuk apa kita menikah. Visi yang jelas dan juga sama antara calon suami dan isteri insya Allah akan melanggengkan pernikahan.

Pernikahan itu bukan hanya sekedar karena cinta , pelampiasan syahwat atau mengikuti tradisi masyarakat. Mungkin juga karena malu dengan umur yang sudah mencukupi tetapi belum juga menuju pelaminan. Alasan-alasan seperti ini tidak memiliki akar yang jelas. Bisa juga menjadi sangat rapuh ketika memasuki bahtera rumah tangga, dan akhirnya hancur ketika badai rumah tangga datang menerjang.

Seharusnya kita tahu bahwa pernikahan itu hanya karena ibadah semata-mata. Visi pernikahan dalam Islam adalah menimba banyak pahala melalui aktivitas berumah tangga. Menjauhkan diri dan keluarga dari api neraka, dan akhirnya berusaha meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Bila seseorang memiki visi seperti ini insya Allah hari-hari yang dilaluinya setelah menikah akan berusaha dihadapi sesuai dengan hukum-hukum Islam.

Jika pernikahan mengikuti aturan-aturan agama dan semata-mata ibadah insyaAlloh akan langgeng rumah tangganya dan tercipta keluarga yang sakinah ,mawadah dan warohmah. Amiiin....


Tidak ada komentar: